Rabu, 25 Maret 2015

NILAI UTS-2 KELAS 3 (Tahun Pelajaran 2014/2015)

Ulangan Tengah Semester (UTS-2) di SDI AN-NUR Bungur Alhamdulillah selesai dilaksanakan pada hari Selasa (24 Maret 2015). Semua berjalan dengan lancar sesuai harapan. Murid-murid pun merasa lega karena salah satu kewajiban mereka sebagai seorang pelajar telah ditunaikan. Sang guru pun juga demikian, meskipun tugas mengoreksi lembar naskah ulangan anak-anak sudah menunggu di depan mata menuntut untuk segera diselesaikan.

Pada kelas 3, hari ini (Rabu, 25 Maret 2015) ada salah seorang murid yang harus melaksanakan ulangan susulan karena pada hari Senin (23 Maret 2015) kemarin tidak masuk sekolah. Murid tersebut adalah Aulia Nazla Munaya (Naya). Sedangkan lembar naskah hasil UTS-2 kelas 3 dibagikan hari ini juga, lebih awal dari kelas lainnya. Sebagai guru kelas 3, ada beberapa alasan yang mendorongku agar segera membagikannya, yaitu:

Agar segera ditela'ah kembali, baik oleh sang murid sendiri maupun wali muridya. Di sini saya ingin membangun karakter kritis, analitis & teliti sedari dini pada diri anak. Sebagai wujud bukti konsistensi diri & tanggung jawab terhadap tugas & kewajiban serta sekaligus memberi contoh kepada anak akan pentingnya hal itu. Menjaga kepercayaan seorang murid terhadap gurunya dalam pergaulan di sekolah sehari-hari. Sebagai peredam rasa penasaran anak terhadap hasil pencapaian belajar mereka saat berjuang menghadapi ulangan.

Sebagai wujud kedekatan emosional seorang guru dengan muridnya, aku juga dapat merasakan beban yang dirasakan oleh murid-muridku selama menghadapi ulangan. Jika dilihat secara kasat mata, memang murid-lah yang melaksanakan ulangan. Namun pada hakikatnya sang guru-lah yang sedang diuji. Karena seberapa besarpun usaha & keseriusan yang telah dilakukan guru dalam mendidik, membimbing & membina murid-muridnya dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), jika tanpa diimbangi keseriusan dari murid sendiri maka sudah dapat dipastikan akan nihil juga hasil yang didapatkan. Peran kerja sama wali murid dalam mensuport putra-putrinya pun tiada ketinggalan. Jika tanpa pengawasan & pendampingan di rumah, maka semangat anak tak kan terbangkitkan.


Berbicara mengenai kemajuan prestasi, pada UTS-2 ini kelas 3 masih belum mengalami peningkatan yang berarti, karena masih banyak anak-anak yang nilainya berada jauh di bawah ambang batas nilai ketuntasan minimal (KKM). Terkadang aku juga bingung harus menggunakan cara yang mana lagi untuk mengatasi hal ini. Harapanku semoga semua pihak dapat memahami hal ini dan pada ulangan berikutnya tak terulang lagi. Amin.


Untuk nilai asli UTS-2 kelas 3 tahun 2014/2015 secara lengkap dapat dilihat pada tabel berikut ini:

Nilai UTS_2 Kelas 3 Tahun Pelajaran 2014/2015


Tidak ada komentar:

Posting Komentar